Doa untuk Anakku, Shifa…

Posted: Juni 23, 2012 in Uncategorized
Tag:
Optima Auqotus Shifa
Pemalang, 7 Juni 2012
Optima Auqotus Shifa
Lahir dari hasil akulturasi Tegal dan Pemalang dengan nama ayah Sri Kuncoro Suharno Putro (fb: Tjoro Koen Rasta) dan ibu LilisHendrawati (fb: Lilis Hendrawati). Hari Senin pagi pada tanggal 4 Juni 2012 pukul 05.33 merupakan momen pertamanya berteriak lantang dengan tangisnya untuk menunjukkan eksistensi di dunia. Alhamdulillah… Proses persalinan yang berdurasi 3
hari (Sabtu sore hingga Senin Pagi) berakhir dengan kelahiran bayi seberat 4 Kg dan panjang 50 Cm.
Rumah Sakit Umum Islam Harapan Anda Kota Tegal menjadi tempat lahir dan ruang Gardenia Kelas 1 sebagai lokasi transit selama 3 hari sebelum menuju rumah di Kelurahan Beji Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.
Hari ketiga merupakan saat bagi kedua orang tuanya untuk menentukan nama yang menjadi pesan sekaligus doa baginya. ‘Optima Auqotus Shifa’ merupakan 3 kata yang berasal dari tiga bahasa. ‘Optima’ berasal dari  ahasa Latin yang kemudian diserap bahasa Indonesia menjadi ‘optimal’ dan bermakna ‘terbaik’; ‘paling menguntungkan’ (Kamus Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Jakarta, 2008). Pemilihan kata Optima sebagai nama awal juga merupakan harapan dari kedua orang tuanya agar dia bersikap OPTIMIS dalam menjalani hidup.
‘Auqotus’ (kata aslinya ‘auqot’) merupakan kata yang diambil dari bahasa Arab dan mempunyai arti waktu – waktu. Untuk menjadi orang yang beruntung (tidak rugi) maka dia harus memperhatikan, memanagemen, dan memanfaatkan waktu. ‘Auqot’ mendapat tambahan ‘us’ (menjadi aukotus) karena bertemu dengan kata berikutnya yang berawalan huruf ‘s’, yaitu ‘Shifa’. Kata ‘shifa’ (sebagai nama panggilan) diambil dari judul buku yang ditulis oleh Ibnu Sina yang berjudul Al – Shifa. Buku tersebut membahas tentang Bumi dan menjadi rujukan (referensi) bagi ahli – ahli Geologi di dunia. Di berbagai sumber, disebutkan bahwa kata ‘shifa’ juga berarti bening, bersih, mempesona (mungkin dalam bahasa jawanya asri, He…66X). Banyak juga yang mengatakan bahwa ‘shifa’ mempunyai arti penawar atau obat. Semoga saja kelak dia bisa menjadi media penyembuhan penyakit (keburukan). Beberapa teman ayahnya juga menafsirkan ‘shifa’ terdiri dari Dua suku kata yang biasa digunakan untuk menamai nada, yaitu ‘shi’ dan ‘fa’. Shi (si) merupakan nada ke tujuh dan ‘fa’ merupakan nada ke-empat dalam tangga nada Diatonis. Jadi, selain bisa menjadi media yang mengobati penyakit, dia juga bisa menghibur, menyejukkan, dan membuat nyaman lingkungannya. Amien…..
Meski bukan rangkaian kalimat dari bahasa yang sama, namun ‘Optima Auqotus Shifa’ dapat menunjukkan satu alur yang berangkai, legato, sustenuto, atau bahasa lainnya sustainable. Perhatikan penggalan kata dan huruf yang digarisbawahi. Pada kata pertama (Optima) diakhiri dengan huruf ‘a’ yang sekaligus menjadi huruf awal pada kata kedua (Auqotus). Begitu juga ‘s’ yang menjadi huruf akhir kata kedua sekaligus menjadi huruf pertama kata ketiga (Shifa).
Kesimpulannya, nama Optima Auqotus Shifa diberikan agar anak tersebut mempunyai sifat memanfaatkan waktu dengan baik sehingga menjadi orang yang beruntung (tidak merugi). Menjadi insan yang menyejukkan dan memotifasi lingkungan dengan ilmu pengetahuannya, bekerjasama dengan baik (kolaburatif) serta berkesinambungan (sustainable).
Amien…66X.
Mohon doanya dan terima kasih…..
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s